Home   News   Lomba Robotic

Lomba Robotic

Pada hari Kamis tanggal, 12 Mei 2016 Tim pengajar robotic mengadakan lomba robotic yang diselenggarakan di Aula SDK 3 PENABUR.

Peserta lomba diikuti dari siswa kelas 3 hingga kelas 6 yang mengikuti ekskur robotic. Perlombaan di bagi menjadi 2. Pertama lomba yang diikuti oleh siswa kelas 3 dan kelas 4, dimana mereka diharuskan membuat mobil yang memiliki kecepatan tinggi (speed cars). Kedua, lomba diikuti siswa kelas 5 dan kelas 6, dimana mereka membuat robot sumo.

Siswa-siswi SDK 3 PENABUR yang mengikuti lomba terlihat sangat bersemangat dan antusias untuk menang. Hingga ada beberapa siswa kelas 3 yang meminta dukungan serta doa kepada teman satu kelasnya sebelum lomba di mulai.

Show time…

Dalam penilaian lombanya untuk speed car akan dihitung kecepatannya menggunakan waktu. Siapa yang tercepat sampai garis finish kelompok tersebut peme20160512_141705nangnya. Siswa-siswi kelas 3 dan kelas 4 di bagi menjadi 9 kelompok. Setiap kelompok saling bekerja sama untuk membuat mobil yang memiliki kecepatan tinggi. Sedangkan untuk siswa kelas 5 dan kelas 6 di bagi menjadi 4 kelompok. Dalam perlombaan20160512_141817 robot sumo, dua robot sumo yang sudah dirakit akan ditandingi dan dilihat siapa robot sumo yang bisa mendorong lawannya keluar dari arena perlombaan, tim yang merakit robot sumo yang dapat mendorong lawannya ke luar arena dialah pemenangnya.

Siswa-siswi yang mengikuti lomba di berikan waktu 1 jam untuk merakit robotnya masing. Saat waktu selesai, kakak tim pengajar robotic meminta semua siswa untuk berhenti merakit robot dan memanggil satu per satu untuk membawa robot rakitannya ke dalam area perlombaan.

Pertama-tama siswa kelas 3 dan kelas 4 yang memasuki area perlombaan Speed Cars yang sudah disiapkan oleh kakak-kakak tim pengajar robotic. Lomba di mulai dari tim 1 hingga tim20160512_152232 9. Semua tim sudah berusaha agar mobil rakitannya dapat bergerak dengan kecepatan tinggi. Namun, hanya ada 1 tim yang dapat merakit mobilnya dengan kecepatan tinggi, yaitu tim yang beranggota semua siswi kelas 3.

Lomba dilanjutkan kembali untuk lomba adu robot sumo yang diikuti siswa kelas 5 dan kelas 6. Perlombaan diawali dengan pertandingan20160512_152320 tim 1 dengan tim 2, kemudian tim 3 dengan tim 4. Kemudian pemenang dari pertandingan pertama diadu dengan pemenang dari pertandingan kedua. Pemenangnya adalah robot sumo yang paling banyak mendoorong lawannya keluar dari arena pertandingan. Dan pemenangnya adalah tim 1, yang beranggotakan Justin (5A), Nicholas (5B), Shean (5B), dan Abel (5B).

Walaupun ada yang merasa kecewa karena tidak menang, tetapi siswa-siswi yang mengikuti lomba tetap senang bisa ikut serta dalam lomba robotic tahun ini dan berharap di tahun depan mereka dapat menang.

 

Share