Home   News   Pelatihan Guru Mengenai Penguasaan Diri

Pelatihan Guru Mengenai Penguasaan Diri

Tahun pelajaran 2016-2017 tema PKBN2K adalah PENGUASAAN DIRI. Oleh karena itu, pada hari Rabu, 20 Juli 2016 guru-guru SDK 3 PENABUR mengikuti pelatihan mengenai Penguasaan Diri yang dibawakan oleh Bapak D.D.Supriadi, S.Th.M.Min yang lebih akrab dipanggil Bapak Jujun dari bagian Kerohanian BPK PENABUR Jakarta. Dalam pelatihan tersebut, Bapak Jujun mengatakan bahwa penguasaan diri merupakan kemampuan untuk menguasai atau mengendalikan diri. Penguasaan diri tercermin dari tingkah laku kita.

Guru adalah role model siswa/i di sekolah, jadi dimulai dari guru untuk belajar menguasai diri sehingga siswa/i dapat mencontoh dan mempraktekkannya.

Dalam pelatihan, guru-guru diajak bermain yang berkaitan dengan penguasaan diri. Guru-guru diminta untuk membuat kelompok dimana satu kelompoknya terdiri dari 4 oraIMG-20160720-WA0008ng. Dimana, dalam satu kelompok, ada anggota yang mulutnya di tutup, ada yang matanya ditutup, ada yang tangannya di ikat, dan ada yang bebas (tangan, mulut, dan mata tidak ditutup/diikat). Dalam permainan tersebut, guru-guru diminta untuk membangun menara setinggi-tingginya dari kertas koran. Semua guru saling berlomba dan memutar otak untuk membangun menara yang tinggi, dan akhirnya ada kelompok yang berhasil membuat menara yang paling tinggi dan kokoh.

Nilai yang dapat diambil dari permainan tersebut adalah saat kita bekerja dalam satu tim, kita harus menguasai ego kita masing-masing agar dapat menjadi tim yang solit dan kompak sehingga dapat saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai bersama.

 
    Calendar icon August 4, 2016 Category icon News

Share